Friday, January 21, 2011

Seni Merangkai Buku

Bookbinding adalah seni menjahit halaman kertas sampai covernya menjadi buku yang telah jadi. Pada umumnya kertas-kertas/buku-buku tersebut berumur tua bisa sampai ratusan tahun yang lalu (kuno), sehingga dibutuhkan kehati-hatian dalam merawatnya. Tujuan dari binding ini adalah untuk memperpanjang usia buku selama mungkin, karena buku tersebut tersedia terbatas di dunia atau langka.
Langkah pertama adalah melakukan dekonstruksi. halaman-halaman kertas harus dilepaskan dari covernya dengan sangat hati-hati. Beberapa teknik rahasia dilakukan untuk memperbaiki berbagai tipe kerusakan halaman buku. . Kehati-hatian diperlukan agar tidak memperparah kerusakan.
Semuanya dilakukan dengan tangan dan peralatan sederhana. Teknik penggabungan seseuai dengan teknik pada jaman buku dibuat.
Langkah berikutnya adalah membuat cover buku, dia menggunakan kulit, yang diwarnai dengan pewarna alami/dari tumbuhan, kertas yang diolah sendiri.
Desain cover buku dilakukan dengan alat sederhana memakai tangan dimana lapisan tipis emas ditanamkan untuk mempercantik buku. Desainnya bisa bermacam seperti huruf-huruf, simbol, atau sigil magick.

No comments:

Post a Comment